Skip to main content

Kegiatan Pelepasan FTK BERDEDIKASI III Dieksekusi Dengan Lancar

 

Tepat pada tanggal 14 anuari 2023 Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan melaksanakan kegiatan pelepasan sekaligus kegiatan hari pertama pengabdian masyarakat. Kegiatan pelepasan ini dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama dan Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Dalam sambutannya, Mustadillah selaku ketua umum DEMA FTK Periode 2022-2023 menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran panitia pelaksana dan khususnya kepada seluruh volunteer dari berbagai jurusan di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan yang tergabung di kegiatan FTK Berdedikasi Jilid III. Agenda ini merupakan program yang diperuntukan kepada seluruh mahasiswa FTK yang berkeinginan untuk langsung terjun dan berinteraksi dengan masyarakat, terlebih sebagai sarana persiapan sebelum mereka menjalani masa Kuliah Kerja Nyata (KKN) nantinya. Kegiatan FTK Berdedikasi juga merupakan bentuk ikhtiar dan kerjasama antara dosen dan juga mahasiswa untuk mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Semoga kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar serta memberikan dampak positif yang berkelanjutan, ungkapnya.

Dr. Hj Tarwilah. M. Ag selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama menyampaikan harapan beliau kepada Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan agar kiranya dapat mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan baik. Di samping itu, Wakil Dekan 3 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan menambahkan bahwa DEMA-FTK agar tidak mengindahkan program kerja unggulan yang telah dicanangkan, kata beliau.

 Kemudian Dr. H Hamdan, M. Pd selaku Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan menyampaikan bahwa “Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung” ujarnya. Karena hal ini sangat penting untuk ditanamkan ketika sudah masuk ke kehidupan bermasyarakat, ungkap beliau.

Setelah melakukan kegiatan pelepasan, rombongan panitia menempuh jarak sekitar 200 km dari pusat kota Banjarmasin ke Desa Patikalain, namun jika ditempuh di kota Barabai ke desa Patikalain hanya sekitar 25 KM. Sesampainya di desa Timah, rombongan panitia harus melakukan transit dengan transportasi yang lebih kecil dikarenakan jembatan yang sulit dilewati dan kecilnya petakan jalan untuk dilalui.

Setelah melakukan transit di kantor kecamatan Hantakan kemudian perjalanan dilanjutkan sampai ke desa Patikalain, rombongan panitia FTK Berdedikasi III disambut baik oleh warga setempat yang kemudian langsung dilakukan pengarahan oleh Ustadz Drs. Zainudin selaku koordinator masyarakat muslim di desa Patikalain. Beliau membina masyarakat muslim yang ada di desa Patikalain khususnya para muallaf dari tahun 2016 dengan jumlah kepala keluarganya sebanyak 10 KK pada waktu 2016 yang lalu.

Pada penyampaiannya saat pengarahan beliau menyampaikan perihal harapan yang mengutamakan komunikasi aktif dengan tetangga, memberikan kebermanfaatan dengan maksimal di 3 bidang yang sudah canangkan, mengutamakan dakwah bilhal, berusaha mandiri dari pada sebelumnya, menjaga jarak sewajarnya dengan masyarakat, dan secara persuasif untuk menggiatkan sholat 5 waktu. Sesuai dengan jadwal yang direncanakan, kegiatan ini akan terus berlanjut sampai satu minggu kedepan yakni sampai tanggal 25 januari 2023.



Comments

Popular posts from this blog

PENGAMAT POLITIK KAMPUS, JENDRAL ADVOKASI DAN HUKUM ANGKAT SUARA SOAL PEMILWA 2023

DEMA FTK - Pesta demokrasi UIN Antasari Banjarmasin 2023 atau yang biasa kita sebut Pemilihan Wakil Mahasiswa (Pemilwa) sedang berlangsung dan kini sudah sampai tahap kampanye. Pemilwa dilakukan dua tahap dengan tahap pertama, yaitu pemilihan ketua SEMA (Senat Mahasiswa) dan SEMA-F (Senat Mahasiswa Fakultas). Dan tahap kedua pemilihan ketua DEMA (Dewan Eksekutif Mahasiswa) dan DEMA-F (Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas). Pengamat Isu dan Politik kampus angkat suara, "Pemilihan perwakilan mahasiswa pastinya memiliki syarat utama yaitu sebagai Mahasiswa yang memenuhi syarat tertentu yang telah ditentukan oleh pihak KPM, masing-masing mengunggulkan paslon andalannya. Yang luar biasa hari ini adalah hadirnya sosok Mustadillah selaku Ketua DEMA FTK dengan event yang diselenggarakannya, dimasa kepemimpinan mustadillah banyak inovasi-inovasi yang dibawanya dan harapan saya Mustadillah yang sering disapa Tadil ini dapat terus melesat hingga menjadi pemimpin Universitas mewakili Fakultas

RANGKAIAN PELAKSANAAN PBAK INKLUSIF 2022 TUAI ANTUSIAS BAGI MAHASISWA BARU FTK UIN ANTASARI BANJARMASIN

  Setelah dua tahun dilaksanakan dengan sistem daring, kini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Antasari Banjarmasin kembali menyelenggarakan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) secara tatap muka di Auditorium Mastur Jahri. Kegiatan PBAK tahun 2022 mengusung nama Inklusif yang dilaksanakan dalam dua part berbeda, yaitu Part 1 pada tanggal 20-21 Agustus 2022 yang diikuti sebanyak 422 orang mahasiswa baru dan Part 2 yang berlangsung pada 27-28 Agustus 2022 dengan jumlah peserta sebanyak 425 orang. Pelaksanaan kegiatan ini melibatkan seluruh pihak mulai dari civitas akademik FTK, panitia yang berjumlah 87 orang dan 60 orang kakak pembimbing dari seluruh program pendidikan di FTK, hingga seluruh organisasi mahasiswa FTK yang terdiri dari DEMA FTK, SEMA FTK, Forum Muda, 12 HMJ, 4 LSO, dan 2 komunitas turut menyukseskan kegiatan. Ketua Steering Committee (SC) PBAK Inklusif, Akhmad Sabryan Winata mengungkapkan bahwa kegiatan ini adalah langkah awal bagi mahasiswa baru u

RESMI DIBUKA: DEMA FTK BESERTA KBM FTK MENYELENGGARAKAN PBAK INKLUSIF 2022 PART 1

[Sabtu, 20/08/22] berlangsung pembukaan PBAK Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Part 1 bertempat di Auditorium Mastur Jahri UIN Antasari Banjarmasin. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Keluarga Besar Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (KBM FTK) dan diinisiasi oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (DEMA FTK). PBAK FTK tahun ini mengusung tema “Revitalisasi Paradigma Mahasiswa FTK yang Berjiwa Akademis dan Berintegritas di Era Modernisasi” dengan nama PBAK Inklusif 2022. Part 1 diikuti oleh 422 orang mahasiswa baru FTK. PBAK Inklusif 2022 Part 1 resmi dibuka oleh Dekan FTK UIN Antasari Banjarmasin, Dr. H. Hamdan, M.Pd. Dalam kesempatan tersebut, Dekan FTK mengucapkan selamat datang kepada seluruh mahasiswa baru FTK di UIN Antasari Banjarmasin dan berpesan bahwa tingginya ilmu perlu dibarengi dengan akhlakul karimah. “Hadirin mahasiswa baru, tanamkan tekad kepada diri kalian masing-masing bahwa akan menjadi tenaga pendidik yang professional dan mengajarkan ilm